Kamis, 02 Mei 2013

CONTOH MKP (MANAJEMEN KERJA PEMERINTAH)


LEMBAR KEGIATAN
MANAJEMEN KINERJA PEMERINTAH (MKP)
DAN
KULIAH KERJA PAMONG (KKP)

Nama                                      : Imam Sunarto
NIM                                         : 4200813038
Instansi                                    : Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat.
Alamat Instansi                       :Jalan sutan syahrir no.7 Pontianak

No
Merumuskan Topik/
Tema/ Temuan
Mengidentifikasi Topik/ Tema/ Temuan
Menguraikan Indikasi Topik/ Tema/ Temuan Yang Terjadi Di Instansi
Pemecahan Masalah
1.

1.    Implementasi kepemimpinan di bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK), Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK), dan Pendidikan Tinggi.
-       Msdm
-       Pimpinan
-       Pns/karyawan/
Staff
-        Manajemen sumber daya manusia dibidang pendidikan menengah kejuruan, dan pendidik tenaga kependidikan dan perguruan tinggi mengalami kendala yaitu mengenai tenaga teknis yang menangani pembuatan, laporan, surat, dan lain sebagainya, karena untuk tenaga ahli dibidang PMK, PTK, dan pendidikan Tinggi masih kurang, sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut, maka dibidang PMK, PTK, dan pendidikan tinggi menggunakan tenaga konsultan ,untuk menutupi kekurangan tersebut.
-        Sering terjadi tumpang tindih pekerjaan antar staf.
-        Berdasarkan UU mengenai manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu UU No. 43/1999 pasal 1 adalah keseluruhan upaya untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas dan derajat profesionalisme penyelenggaraan tugas, fungsi dan kewajiban pegawai yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengembangan kualitas, penempatan, promosi, penggajian, kesejahteraan, dan pemberhentian.
-      dibidang Pendidikan Menggah Kejuruan (PMK), Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK), dan pendidikan tinggi menggunakan tenaga konsultan ,untuk menutupi kekurangan tersebut.
-      Melakukan analisa masalah setiap kasus yang menjadi masalah dalam pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi.
-      Berdasarkan UU No.43/1999 maka cara yang digunakan Untuk menangani masalah yang terjadi maka bidang PMK, PTK, dan Pendidikan Tinggi, menggunakan Tenaga Konsultan, dan mengidentifikasi masalah yang terjadi, agar  adanya peningkatan kualitas dan meminimalisir terjadinya masalah.




-       Pimpinan
-        Untuk pemimpin, baik itu kepala bagian maupun kepala seksi dibidang PMK, PTK dan Pendidikan Tinggi sudah berjalan dengan baik, dan sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, namun untuk menjalankan manajemen dibidang tersebut, mengalami kendala yaitu tidak berjalan sesuai dengan rencana.

-        Menurut George R. Terry kepemimpinan adalah keseluruhan kegiatan/aktivitas untuk mempengaruhi kemauan orang lain untuk mencapai tujuan bersaman, dan berdasarkan teori tersebut, maka kepala bidang dan kepala seksi bidang PMK, PTK, dan pendidikan Tinggi sudah berjalan dengan baik.
-        Untuk menanggani masalah tersebut maka, kepala bagian ataupun kepala seksi melakukan pembinaan sesuai dengan kebutuhan pegawai, agar tidak terjadi tumpang tindih antar staf.
-         Mengklasifikasikan masalah kemampuan yang dimiliki oleh staf.


-       Pns/karyawan/
Staff
-        Untuk karyawan, Pegawai Negeri Sipil, dan, Staff, baik itu dari kepala bidang dan kepala seksi sangat mengerti akan kemempuan dari staf, dikarenakan umur, kemampuan Sdm, dan banyak yang akan pensiun maka kepala bidang dan seksi sangat mengerti kemauan dari setiap staf dan karyawan untuk mengerjakan tugas, pokok dan fungsi dari setiap staf.
-        Pegawai Negeri, adalah mereka yang telah memenuhi syarat yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas jabatan negeri atau tugas negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan di gaji menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. UU No. 8 Tahun 1974, UU No. 43 Tahun 1999 Tentang Pokok – Pokok Kepegawaian.
-        Kepala bidang dan kepala seksi, bersama-sama menggunakan manajemen yang mudah dilaksanakan untuk menangani setip bawahan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi dibidag PMK, PTK, & Pendidikan Tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar